Pages

Monday, December 13, 2010

Mencegah Virus Membuat File autorun

Banyak cara yang dapat dilakukan dalam mencegah virus membuat file autorun pada flashdisk terutama dengan menggunakan program bantuan seperti Smadlock (teknik pengebalan flashdisk dengan menambahkan folder autorun.inf agar terhindar dari virus autorun) namun dalam tulisan ini program yang digunakan untuk melakukan pengebalan flashdisk dari virus autorun.inf menggunakan "Panda USB Vaccine" program sederhana yang bersifat Free ini layak anda coba untuk melindungi flashdisk dari serangan virus autorun


Aplikasi ini memiliki 2 (Dua) fungsi utama :
  1.  Computer Vaccination, memberi vaksin ke komputer (PC) agar menon aktifkan fasilitas autorun windows. Sehingga program dari USB Flashdisk/CD/DVD drive tidak akan dapat berjalan sendiri (otomatis) tanpa interaksi penggunanya. Untuk memberikan vaksin pada komputer (PC) klik "Vaccinate computer", anda dapat menonaktifkannya kembali dengan meng-klik "Remove vaccine".
  2.  USB Vaccination, fasilitas ini akan memberikan “vaksin” ( membuat file autorun.inf yang tidak bisa di edit, rename, di hapus meskipun dengan software seperti unlocker) di USB Flash Drive (Flahsdisk). Untuk memberikan vaksin pada flashdisk pilih USB drive yang akan di beri vaksin dengan memilih "Select an USB drive" lalu klik "Vaccinate USB". Dengan begitu virus tidak akan bisa menyebar (secara otomatis) melalui flashdisk dengan perantara autorun.inf, dan flashdisk tetap bisa digunakan seperti biasa.
Note : Meskipun begitu, aplikasi ini tidak menjamin virus tidak bisa meng-copy ( memperbanyak diri ) di flashdisk, hanya saja file virus itu tidak bisa berjalan (menyebar) secara otomatis menggunakan autorun.inf. Selain itu perlu di ingat juga bahwa jika sudah di beri vaksin, maka Flashdisk tidak bisa dikembalikan ke keadaan sebelumnya (keadaan tanpa vaksin), kecuali dengan di format ulang.

Tertarik dengan aplikasi ini referensi software dapat didownload disini Panda USB Vaccine

2 comments:

  1. apa software ini dapat digunakan pada memory card(mmc atau mikrosd)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya.. proteksi autorun dapat pula digunakan pada media mmc dan mikrosd bila memang kedua removabledisk tersebut ingin diproteksi autorun dari virus

      Delete